Wisata Seru Ke Tempat Wisata tertinggi di Jawa Tengah, Dieng Plateau

call-center:0853-2593-4141

Minggu, 13 Mei 2012

Legenda Kolodete - Asal Muasal Bocah Gimbal lereng Dieng

Pernah mendengar tentang Kyai Kolodete?
Kolodete adalah nama seorang Pengelana berkharisma yang bersama dua sahabatnya yaitu Kyai Karim dan Kyai Walik disebut-sebut sebagai perintis cikal bakal pemukiman didaerah Pegunungan Dieng. Kyai Kolodete merintis Dataran Tinggi Dieng, Kyai Karim merintis daerah Kalibeber dan Kyai Walik merintis kota Wonosobo.

Menurut legenda, saat berkuasa dì daerah Dataran tinggi Dieng, Kyaì Kolodete yang memìlìkì rambut Gimbal tersebut pernah bersumpah bahwa Belìau tìdak akan mencukur rambutnya hìngga kawasan Dataran tìnggì Dieng makmur. bìla keìngìnannya tak terkabul, dìa akan menìtìskan rohnya pada anak yang baru lahìr atau sedang mulaì bìsa berjalan.

Hingga saat ini, anak-anak yang dilahirkan memiliki rambut gimbal dan dipercaya sebagai titisan Kyai Kolodete tersebut masih banyak dijumpai disekitar wilayah Dataran Tinggi Dieng. Memang Sulit dijelaskan secara logis, namun rambut Gimbal pada anak tersebut tidak bisa serta merta dipotong. Jika rambut tersebut dipotong tanpa melalui ritual. maka rambut Gimbal tersebut akan tumbuh lagi.
Berangkat dari tradisi tersebut. Ritual pencukuran rambut gimbal terus berlangsung hingga sekarang.

Ingin menyaksikan ritual Pemotongan rambut Gimbal secara langsung? anda bisa berkunjung ke Dieng pada tanggal 30 Juni- 1 Juli dimana event Dieng Culture Festival III akan berlangsung yang mana salah satu acara intinya adalah Upacara ritual pencukuran Rambut Gimbal.


Versi Ponsel


PROMO WISATA




HUBUNGI KAMI

+6285325934141
(Bp. Alif Rakhman)

085296514115
( sdr. Soha)

085385319327
( Mulyatiningsih )

08562732714
( sdr. Deni )


PIN BB:
2A9B494D
email :pesonadieng@gmail.com

Pernah Menggunakan Jasa Kami

and More..

Dieng Update